Arti "No Smoking" Serta Area-Area No Smoking

dilarang merokok

Masterpion - Mungkin Anda sering mendengar kata "No Smoking" dalam kehidupan sehari-hari. Paling tidak Anda pernah baca rambu peringatan yang bertuliskan "No Smoking" di tempat-tempat tertentu.

Lantas apa sebenarnya maksud dari kata "No Smoking" ?

No Smoking adalah berasal dari bahasa Inggris. Dalam bahasa Indonesia, No Smoking artinya Dilarang merokok.

Jika disuatu tempat terdapat rambu bertuliskan No Smoking, maka berarti kawasan tersebut dilarang untuk merokok. Dalam istilah yang umum digunakan saat ini, area yang berlabel No Smoking itu berarti Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

Di Indonesia, polusi dari asap rokok sudah menjadi perhatian penuh. Pemerintah selaku pihak yang paling berwenang melindungi hak setiap warga negara nya telah menerbitkan kebijakan berupa peraturan yang mengatur mengenai Kawasan Tanpa Rokok ini.

Pemerintah melalui UU No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dan PP No. 109 Tahun 2012 Tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi Kesehatan telah mewajibkan pemerintah daerah untuk menetapkan KTR di wilayahnya masing-masing melalui Peraturan Daerah (Perda) atau peraturan perundang-undangan daerah lainnya. 

Peraturan mengenai KTR ini mengatur tempat-tempat yang seharusnya menjadi area bebas dari asap rokok, diantaranya meliputi: 
1. Fasilitas pelayanan kesehatan, 
2. Tempat proses belajar mengajar, 
3. Tempat anak bermain, tempat ibadah, 
4. Angkutan umum, tempat kerja,
5. Tempat umum dan 
6. Tempat lain yang ditetapkan.

Tujuan dibuatnya peraturan mengenai kawasan tanpa rokok ini adalah untuk memberikan kenyamanan bagi orang-orang yang tidak merokok.

Karena asapyang ditimbulkan oleh rokok tak hanya akan berdampak pada perokok itu sendiri, melainkan juga pada orang-orang yang ada di sekitar perokok tersebut.

Oleh sebab itu, dengan adanya aturan KTR ini, diharapkan masyarakat dapat menikmati udara sehat tanpa asap rokok di tempat-tempat publik.

0 Response to "Arti "No Smoking" Serta Area-Area No Smoking"

Posting Komentar